Example floating
Example floating
DaerahHeadlinePilkada

Alumni UG Soroti Gedung Kampus Jadi Lokasi Setingan Pemenangan Paslon Pilkada

×

Alumni UG Soroti Gedung Kampus Jadi Lokasi Setingan Pemenangan Paslon Pilkada

Sebarkan artikel ini

Kontras.id (Kabupaten Gorontalo) – Alumni Fakultas Hukum Universitas Gorontalo, Alpian Biga S.H., kecewa atas sikap kampus UG yang membiarkan fasilitas kampus digunakan oleh salah satu pasangan calon Bupati Gorontalo untuk membahas pemenangan Pilkada 9 Desember.

“Dengan beredarnya video pembahasan kemenangan salah satu oknum calon Bupati Kabupaten Gorontalo yang di laksanakan di kampus UG, saya atas nama alumni merasa kecewa,” tegas Alpian kepada Kontras.id via WhatsApp, Sabtu 03/10/2020.
 
Alpian mengaku kasihan melihat kampusnya, karena akan berimbas pada proses belajar mengajar. Menurut Alpian, kampus itu harus jauh dari yang namanya politik praktis, kalau dibiarkan nantinya akan kurang diminati oleh masyarakat karena sudah dicampur adukan dengan politik. 

Example 300x600

“Seharusnya siapapun pimpinan kampus, kalau dia sudah berafiliasi dengan partai politik maka wajib ain untuk segera hengkang dari kampus yang notabenenya sebagai lembaga pendidikan, ini demi menjaga marwah kampus. Akan tetapi bukan berarti keluar dan tidak lagi memikirkan perkembangan kampus,” kata Alpian.

Alpian mengaku, memaklumi kalau ada oknum dosen dan pimpinan lembaga yayasan yang hendak mencalonkan diri dan menyatakan sikap mendukung salah satu pasangan calon. Menurutnya itu adalah hak masing-masing individu untuk memilih dan mendukung Paslon yang dia senangi.

“Namun jangan jadikan fasilitas kampus sebagai sarana untuk mendukung, bahkan menunjang calon bupati yang maju dari salah satu partai politik. Ini kan aneh,” imbuh Alpian.

“Untuk itu saya atas nama alumni juga mendorong kepada Ketua dan Sekretaris IKA alumni UG untuk memberikan protes secara tertulis kepada lembaga UG. Karena memang kita tahu bersama bahwa Universitas Gorontalo di bawah naungan yayasan Duluwo Limo Lo Pohala’a, yang artinya adalah milik rakyat Gorontalo,” punkas Alpian.

Wakil Rektor 3 Bidang Mahasiswa dan Alumni Universitas Gorontalo, Dr. Dikson Yunus saat dimintai tanggapannya mengku, selama ini tidak ada Paslon yang mengajukan permohonan untuk meminjam fasilitas kampus.

“Kalau ada pasti diberitahukan ke kampus, dan kami tidak ijinkan. Kampus UG tetap netral dalam Pilkada. Tidak benar kampus UG berpihak pada salah satu calon. Ada 2 alumni UG yang bertarung di Pilkada Kabupaten Gorontalo. UG tetap pada aktivitas akademik,” tulis Warek via whatsApp.

Penulis : Rollink Djafar
Redaktur : Anas Bau
Example 120x600